Senin, 30 Juli 2012

Skripsi PTK


PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD )
PADA MURID KELAS IV SD INPRES BORONG JAMBU II
KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR














Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 




Oleh:

R. SUPARDI
K. 10540 3604 09
                                                                                                     


JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012
LEMBAR PENGESAHAN
JUDUL PENELITIAN     :  PENINGKATAN HASIL BELAJAR  ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MURID KELAS IV SD INPRES BORONG JAMBU II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR
Mahasiswa yang mengajukan
              Nama                 :    R. S U P A R D I
              Nim                   :    K 10540 3604 09
              Jurusan              :    PGSD S1
              Fakultas             :    Keguruan dan Ilmu Pendidikan
              Telah diperiksa dengan seksama dan dinyatakan layak untuk dipresentasikan dalam ujian skripsi Jurusan PGSD S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Makassar,    November 2011
Disetujui
Pembimbing I

Dr. Syarifuddin Kune, M. Si

Pembimbing II

Dra.Hj. Maryati Z, M.Si


Mengetahui
Dekan FKIP
Unismuh Makassar

Dr. A. Sukri Syamsuri, M.Hum
NBM: 858 625
Ketua Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sulfasyah, S.Pd, MA
NBM: 970 635


PERSETUJUAN PEMBIMBING
Nama                           : R. SUPARDI
Nim                             : K.10540 3604 09
Jurusan                        : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Judul Skripsi               : Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Setelah diperiksa dan diteliti, maka skripsi ini dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk diujikan.
Makassar,    November 2011
Disetujui
Pembimbing I

Dr. Syarifuddin Kune, M. Si

Pembimbing II

Dra.Hj. Maryati Z, M.Si

Mengetahui
Dekan FKIP
Unismuh Makassar

Dr. A. Sukri Syamsuri, M.Hum
NBM: 858 625
Ketua Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sulfasyah, S.Pd, MA
NBM: 970 635


SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : R. SUPARDI
Nim                             : K.10540 3604 09
Jurusan                        : Pendidikan Guru sekolah Dasar
Judul Skripsi               : Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Dengan ini menyatakan bahwa “Skripsi yang saya ajukan adalah asli hasil karya sendiri, bukan hasil ciplakan dan tidak dibuat oleh siapapun”.Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan bersedia menerima    sanksi apabila pernyataan ini tidak benar.
                                                                                    Makassar,    November 2011
Yang Membuat Pernyataan

R. SUPARDI
Diketahui Oleh
Pembimbing I

Dr. Syarifuddin Kune, M. Si

Pembimbing II

Dra. Maryati Z, M.Si

SURAT PERJANJIAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : R. SUPARDI
Nim                             : K.10540 3604 09
Jurusan                        : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Dengan ini menyatakan perjanjian sebagai berikut:
  1. Mulai dari penyusunan proposal sampai selesainya skripsi saya, saya yang menyusun sendiri (tidak dibuatkan oleh siapapun).
  2. Dalam penyusunan skripsi, saya selalu melakukan konsultasi dengan pembimbing yang telah ditetapkan oleh Ketua Jurusan.
  3. Saya tidak akan melakukan penciplakan (pigiat) dalam melakukan skripsi saya.
  4. Apabila saya melanggar perjanjiian pada butir 1, 2 dan 3, saya bersedia menerima sanksi sesuai aturan yang berlaku
Demikian perjanjian ini saya buat dengan penuh kesadaran.
Makassar,    November 2011
Yang Membuat Pernyataan
R. SUPARDI

Diketahui
Ketua Jurusan PGSD

Sulfasyah, S.Pd, MA
NBM: 970 635

MOTTO

Tidak ada masalah yang sulit dihadapi
Tidak ada jalan yang panjang untuk dilalui
Apabila kita menyikapinya dengan kesabaran

Kupersembahkan skripsi ini kepada kedua orang tuaku Tercinta dan seluruh keluargaku yang telah membantuku Dan menyertai langkahku dengan doa.



ABSTRAK

R. Supardi, 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, dibimbing oleh pembimbing I Syarifuddin Kune dan pembimbing II Hj Maryati. Z.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SD Inpres Borong Jambu II yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Konsep sifat dan perubahan wujud benda melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah murid sebanyak 25 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar murid, dan lembar observasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: 1) Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda sebesar 62,8 pada skor ideal 100. 2) Pada siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda sebesar  85,6 pada skor ideal 100.  Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar.







KATA PENGANTAR
Sebagai manifestasi penghambaan kepada Sang Khalik, sepantasnya setiap saat penulis mengucapkan puji syukur pada_Nya. Tak terkecuali pada kesempatan ini, dalam sebuah aktivitas akademik yang penulis lakukan, sehingga penulis dapat menyelasaikan skripsi ini dengan baik. Tiada lain tentunya sebuah harapan semoga apa yang penulis lakukan mendapat rahmat dan hidayah_Nya. Salawat dan salam tercurahkan kepada Baginda Rasulullah Saw, selaku sosok pendidik yang selalu mengajarkan tentang kebajikan, semoga ajarannya dapat dijadikan refrensi utama dalam setiap aktivitas kita.
            Penulis bekerja keras dan menumpahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk menyelesaikan skripsi ini. Namun, penulis sangat menyadari bahwa yang penulis sajikan ini masih banyak kekurangan. Mengingat terbatasnya waktu yang dimiliki oleh Penulis dalam kegiatan Penulisan ini. Oleh karena itu, dari lubuk hati terdalam dan tulus, penulis mengharap saran serta kritik yang konstruktif  guna perbaikan penelitian tindakan kelas seperti ini di waktu yang akan datang.
            Penulis menyadari bahwa setiap kita melangkah untuk mencapai tujuan, hambatan dan rintanganpun tak terpisahkan darinya. Namun demikian berkat rahmat dan petunjuk_Nya kemudian usaha yang keras dan do’a sehingga semua dapat penulis jalani dan lewati dengan baik. Oleh karena itu sungguh patut menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada disampaikan kepada Bapak Dr. Syarifuddin Kune, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Maryati Z, M. Si selaku pembimbing II yang telah dengan sabar, tekun, tulus dan ikhlas meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, motivasi,arahan dan saran-saran yang berharga kepada penulis selama penyusunan skripsi.
            Pada kesempatan ini penulis juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada:
1.        Yang teristimewa Ayahanda Drs. H. Muhammad Natsir, M. Pd dan Ibunda tersayang Hj.Tahirah atas segala jerih payah, kasih sayang, pengorbanan, baik materi maupun moril serta doa yang senantiasa diberikan kepada penulis sampai akhir penulisan skripsi ini.
2.        Bapak Dr. H. Irwan Akib, M.Pd selaku rektor Universitas Muhammadiyah Makassar yang telah memberikan izin kepada penulis untuk mengikuti pendidikan Program Studi PGSD S1.
3.        Bapak Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum., Ibu Sulfasyah, S.Pd, MA dan Ibu Fitriani Saleh, S.Pd, M.Pd masing-masing selaku Dekan FKIP Unismuh Makassar, Ketua Jurusan PGSD dan Sekretaris Jurusan PGSD yang telah mengizinkan, memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan penelitian dan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan Program S1 PGSD FKIP Unismuh Makassar. Penulis tidak dapat membalas jasa beliau hanya kepada yang maha pengasih penulis memohonkan do’a semoga mendapatkan balasan yang setimpal.
4.        Bapak/Ibu Dosen dan segenap karyawan jurusan S1 PGSD FKIP Unismuh Makassar yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan sehingga penulis dapat melaksanakan penelitian dan menyelesaikan studi dengan baik.
5.        Bapak Walikota Makassar yang telah memberikan izin serta membantu kelancaran dalam pelaksanaan penelitian ini.
6.        Ibu Dra. Faridah selaku Kepala SD Inpres Borong Jambu II yang telah banyak membantu kelancaran dalam penelitian ini.
7.        Adik tercinta, Yusni Samin atas motivasinya kepada penulis selama perkuliahan sampai akhir penulisan skripsi.
8.        Kepada kakanda Asriati Natsir,S. Pd, M. Pd yang telah memberikan motivasi kepada penulis  untuk menyelesaikan penelitian  ini.
9.        Sahabat-sahabat terbaik, Subhan, Wawan, Akbar, serta rekan-rekan S1 PGSD angkatan 2009 konversi tanpa terkecuali atas partisipasinya selama penyusunan skripsi ini.
10.    Saudara saya Ishak Massiara beserta keluarga atas fasililitas yang diberikan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini.Serta memberikan penginapan untuk bermalam guna menyelesaikan skripsi tersebut.
Akhirnya penulis memohon kepada Yang Maha Kuasa semoga yang telah diberikan bernilai ibadah disisi_Nya.
Makassar,   November 2011
DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN..................................................................................... i
PERSETUJUAN PEMBIMBING.......................................................................... ii
SURAT PERNYATAAN...................................................................................... iii
SURAT PERJANJIAN.......................................................................................... iv
ABSTRAK.............................................................................................................. v
KATA PENGANTAR .......................................................................................... vi
DAFTAR ISI ......................................................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ xi
DAFTAR TABEL............................................................................................     xii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................    xiii
BAB  I   PENDAHULUAN .................................................................................. 1
               A. Latar Belakang .................................................................................... 1
               B. Rumusan Masalah................................................................................ 4
C. Tujuan Penelitian.................................................................................. 4
D. Manfaat Penelitian……………………………………………….........             4
BAB II   KAJIAN PUSTAKA,KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS......          6
A. Kajian Pustaka .................................................................................... 6
1.   Konsep sifat dan Perubahan wujud benda ..................................... 6
A.    Sifat Benda Padat, Cair dan Gas............................................... 6
1.      Benda Padat........................................................................ 6
2.      Benda Cair........................................................................... 7
3.      Benda Gas........................................................................... 8
B.     Perubahan Wujud Benda........................................................... 9
1. Membeku dan Mencair.......................................................... 9
2. Menguap dan Mengembun.................................................... 9
3. Menyumblim.......................................................................... 9
2.    Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD............................................ 10
3.    Mata Pelajaran IPA........................................................................ 16
B. Kerangka Pikir................................................................................... 17
               C. Hipotesis  .......................................................................................... 20
BAB III  METODE PENELITIAN .................................................................... 21
               A. Jenis Penelitian .................................................................................. 21
               B. Lokasi dan Subjek Penelitian............................................................. 21
               C. Prosedur Penelitian ........................................................................... 21
1.      Gambaran Siklus Pertama............................................................ 23
2.      Gambaran Siklus Kedua............................................................... 25
D. Teknik Pengumpulan Data ................................................................ 26
1.      Sumber Data................................................................................. 26
2.      Jenis Data..................................................................................... 26
3.      Cara Pengambilan Data................................................................ 26
4.      Refleksi........................................................................................ 26
E. Teknik Analisis Data ......................................................................... 27
               F. Indikator Keberhasilan ...................................................................... 28
BAB IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................      29
               A. Hasil Belajar ( Kualitatif ).................................................................. 29
                    1. Hasil Tes Akhir Siklus I................................................................. 29
                    2. Hasil Tes Akhir Siklus II................................................................ 32
B.  Aktivitas Murid................................................................................. 40
C. Pembahasan Hasil Penelitian.............................................................. 43
BAB V   PENUTUP ............................................................................................ 45
               A. Kesimpulan  ...................................................................................... 45
               B. Saran ................................................................................................. 46
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 47












DAFTAR GAMBAR


Gambar 1. Berbagai benda dalam bentuk dan ukuran yang sama...................... 6
Gambar 2. Berbagai benda-benda cair................................................................ 7
Gambar 3. Benda-benda berisi gas...................................................................... 8
Gambar 4. Kerangka Berpikir........................................................................... 19
Gambar 5. Alur Penelitian................................................................................ 22













DAFTAR TABEL


Tabel 3.1  Kegiatan Hasil Belajar..................................................................... 28
Tabel 4.1  Statistik hasil belajar murid kelas IV SD Inpres Borong Jambu II.. 29
Tabel 4.2  Distribusi dan persentase skor hasil belajar IPA murid
 kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Pada Siklus I....................... 30
Tabel 4.3  Deskripsi Ketuntasan Belajar Murid Kelas IV Siklus I................... 32
Tabel 4.4  Hasil Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II
 Makassar Pada Siklus I................................................................... 33
Tabel 4.5  Distribusi dan persentase skor hasil belajar IPA murid
 kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Pada Siklus II...................... 34
Tabel 4.6  Deskripsi ketuntasan belajar murid kelas IV
 SD Inpres Borong Jambu II Makassar pada siklus II..................... 35

1 komentar: