PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP
SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT
DIVISION ( STAD )
PADA MURID KELAS IV SD INPRES
BORONG JAMBU II
Diajukan
Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada
Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Oleh:
R. SUPARDI
K. 10540 3604 09
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH
DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012
LEMBAR
PENGESAHAN
JUDUL
PENELITIAN : PENINGKATAN HASIL BELAJAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
STAD PADA MURID KELAS IV SD INPRES BORONG JAMBU II KECAMATAN MANGGALA KOTA
MAKASSAR
Mahasiswa yang mengajukan
Nama : R. S U P A
R D I
Nim : K 10540 3604 09
Jurusan : PGSD
S1
Fakultas : Keguruan
dan Ilmu Pendidikan
Telah
diperiksa dengan seksama dan dinyatakan layak untuk dipresentasikan dalam ujian
skripsi Jurusan PGSD S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Makassar, November 2011
Disetujui
Pembimbing
I
Dr. Syarifuddin Kune, M. Si
|
Pembimbing
II
Dra.Hj. Maryati Z, M.Si
|
|
Mengetahui
Dekan FKIP
Unismuh
Makassar
Dr. A. Sukri Syamsuri, M.Hum
NBM: 858 625
|
Ketua Jurusan
Pendidikan
Guru Sekolah Dasar
Sulfasyah, S.Pd, MA
NBM: 970 635
|
|
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Nama :
R.
SUPARDI
Nim :
K.10540
3604 09
Jurusan :
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Judul Skripsi :
Peningkatan
Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II
Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Setelah diperiksa dan diteliti, maka skripsi ini
dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk diujikan.
Makassar, November 2011
Disetujui
Pembimbing
I
Dr. Syarifuddin Kune, M. Si
|
Pembimbing
II
Dra.Hj. Maryati Z, M.Si
|
|
Mengetahui
Dekan FKIP
Unismuh
Makassar
Dr. A. Sukri Syamsuri, M.Hum
NBM: 858 625
|
Ketua Jurusan
Pendidikan
Guru Sekolah Dasar
Sulfasyah, S.Pd, MA
NBM: 970 635
|
|
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : R. SUPARDI
Nim : K.10540 3604 09
Jurusan :
Pendidikan Guru sekolah Dasar
Judul Skripsi :
Peningkatan
Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II
Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Dengan ini menyatakan bahwa “Skripsi yang saya ajukan
adalah asli hasil karya sendiri, bukan hasil ciplakan dan tidak dibuat oleh
siapapun”.Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan bersedia
menerima sanksi apabila pernyataan ini tidak benar.
Makassar, November
2011
Yang Membuat Pernyataan
R.
SUPARDI
|
Diketahui Oleh
Pembimbing
I
Dr. Syarifuddin Kune, M. Si
|
Pembimbing
II
Dra. Maryati Z, M.Si
|
|
SURAT PERJANJIAN
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : R. SUPARDI
Nim : K.10540 3604 09
Jurusan :
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Dengan ini menyatakan perjanjian sebagai berikut:
- Mulai dari penyusunan proposal sampai selesainya
skripsi saya, saya yang menyusun sendiri (tidak dibuatkan oleh siapapun).
- Dalam penyusunan skripsi, saya selalu melakukan
konsultasi dengan pembimbing yang telah ditetapkan oleh Ketua Jurusan.
- Saya tidak akan melakukan penciplakan (pigiat) dalam
melakukan skripsi saya.
- Apabila saya melanggar perjanjiian pada butir 1, 2
dan 3, saya bersedia menerima sanksi sesuai aturan yang berlaku
Demikian perjanjian ini saya buat dengan penuh kesadaran.
Makassar, November 2011
Yang Membuat Pernyataan
R.
SUPARDI
|
Diketahui
Ketua
Jurusan PGSD
Sulfasyah, S.Pd, MA
NBM: 970 635
MOTTO
Tidak ada masalah yang sulit dihadapi
Tidak ada jalan yang panjang untuk dilalui
Apabila kita menyikapinya dengan
kesabaran
Kupersembahkan
skripsi ini kepada kedua orang tuaku Tercinta dan seluruh keluargaku yang telah
membantuku Dan menyertai langkahku dengan doa.
ABSTRAK
R. Supardi, 2011. Peningkatan
Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II
Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar,
dibimbing oleh pembimbing I Syarifuddin Kune dan pembimbing II Hj Maryati. Z.
Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (Classroom Action Research)
yang dilakukan di SD Inpres Borong
Jambu II yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar IPA Konsep sifat dan perubahan wujud benda melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan
Manggala Kota Makassar pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah murid sebanyak 25 orang. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan tes hasil belajar murid,
dan lembar observasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis
yaitu: 1) Pada siklus I, diperoleh skor
rata-rata hasil belajar IPA
Konsep
Sifat dan Perubahan Wujud Benda sebesar 62,8 pada skor ideal 100. 2) Pada
siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda
sebesar 85,6 pada skor ideal 100. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat
disimpulkan bahwa terjadi Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan
Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada
Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar.
KATA
PENGANTAR
Sebagai manifestasi penghambaan kepada Sang Khalik,
sepantasnya setiap saat penulis mengucapkan puji syukur pada_Nya. Tak
terkecuali pada kesempatan ini, dalam sebuah aktivitas akademik yang penulis
lakukan, sehingga penulis dapat menyelasaikan skripsi
ini dengan baik. Tiada lain tentunya sebuah harapan semoga apa yang penulis
lakukan mendapat rahmat dan hidayah_Nya. Salawat dan salam tercurahkan kepada
Baginda Rasulullah Saw, selaku sosok pendidik yang selalu mengajarkan tentang kebajikan,
semoga ajarannya dapat dijadikan refrensi utama dalam setiap aktivitas kita.
Penulis
bekerja keras dan menumpahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk
menyelesaikan skripsi ini. Namun, penulis sangat menyadari bahwa yang penulis
sajikan ini masih banyak kekurangan. Mengingat terbatasnya waktu yang dimiliki
oleh Penulis dalam kegiatan Penulisan ini. Oleh karena itu, dari lubuk hati
terdalam dan tulus, penulis mengharap saran serta kritik yang konstruktif guna perbaikan penelitian tindakan kelas seperti
ini di waktu yang akan datang.
Penulis
menyadari bahwa setiap kita melangkah untuk mencapai tujuan, hambatan dan
rintanganpun tak terpisahkan darinya. Namun demikian berkat rahmat dan
petunjuk_Nya kemudian usaha yang keras dan do’a sehingga semua dapat penulis
jalani dan lewati dengan baik. Oleh karena itu sungguh patut
menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada disampaikan
kepada Bapak Dr.
Syarifuddin Kune, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dra. Maryati
Z, M. Si selaku pembimbing
II yang telah dengan sabar, tekun, tulus dan ikhlas meluangkan waktu, tenaga
dan pikiran untuk memberikan bimbingan, motivasi,arahan dan saran-saran yang
berharga kepada penulis selama penyusunan skripsi.
Pada
kesempatan ini penulis juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan
kepada:
1.
Yang
teristimewa Ayahanda Drs. H. Muhammad Natsir, M. Pd dan Ibunda tersayang Hj.Tahirah atas segala jerih payah, kasih sayang, pengorbanan, baik
materi maupun moril serta doa yang senantiasa diberikan kepada penulis sampai
akhir penulisan skripsi ini.
2.
Bapak
Dr. H. Irwan Akib, M.Pd selaku rektor Universitas Muhammadiyah Makassar yang
telah memberikan izin kepada penulis untuk mengikuti pendidikan Program Studi
PGSD S1.
3.
Bapak
Dr. Andi Sukri Syamsuri, M.Hum., Ibu Sulfasyah, S.Pd, MA dan Ibu Fitriani
Saleh, S.Pd, M.Pd masing-masing selaku Dekan FKIP Unismuh Makassar, Ketua
Jurusan PGSD dan Sekretaris Jurusan PGSD yang telah mengizinkan, memberikan
kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan penelitian dan menyiapkan sarana
dan prasarana yang dibutuhkan selama menempuh pendidikan Program S1 PGSD FKIP
Unismuh Makassar. Penulis tidak dapat membalas jasa beliau hanya kepada yang
maha pengasih penulis memohonkan do’a semoga mendapatkan balasan yang setimpal.
4.
Bapak/Ibu
Dosen dan segenap karyawan jurusan S1 PGSD FKIP Unismuh Makassar yang telah
memberikan bekal ilmu pengetahuan sehingga penulis dapat melaksanakan
penelitian dan menyelesaikan studi dengan baik.
5.
Bapak
Walikota Makassar yang telah memberikan izin serta membantu kelancaran
dalam pelaksanaan penelitian ini.
6.
Ibu Dra. Faridah selaku Kepala SD Inpres Borong Jambu II yang telah banyak membantu kelancaran dalam penelitian
ini.
7.
Adik tercinta, Yusni Samin atas
motivasinya kepada penulis selama perkuliahan sampai akhir penulisan skripsi.
8.
Kepada kakanda Asriati Natsir,S. Pd, M.
Pd yang telah memberikan motivasi kepada penulis untuk menyelesaikan penelitian ini.
9.
Sahabat-sahabat terbaik, Subhan,
Wawan, Akbar, serta rekan-rekan
S1 PGSD angkatan 2009 konversi tanpa terkecuali atas partisipasinya selama penyusunan
skripsi ini.
10.
Saudara saya Ishak Massiara beserta
keluarga atas fasililitas yang diberikan kepada penulis sehingga dapat
menyelesaikan skripsi ini.Serta memberikan penginapan untuk bermalam guna
menyelesaikan skripsi tersebut.
Akhirnya penulis memohon kepada Yang Maha Kuasa semoga
yang telah diberikan bernilai ibadah disisi_Nya.
Makassar, November
2011
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN..................................................................................... i
PERSETUJUAN
PEMBIMBING.......................................................................... ii
SURAT PERNYATAAN...................................................................................... iii
SURAT PERJANJIAN.......................................................................................... iv
ABSTRAK.............................................................................................................. v
KATA PENGANTAR .......................................................................................... vi
DAFTAR ISI ......................................................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR............................................................................................
xi
DAFTAR TABEL............................................................................................
xii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................
xiii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................................. 1
A.
Latar Belakang .................................................................................... 1
B. Rumusan Masalah................................................................................ 4
C. Tujuan
Penelitian.................................................................................. 4
D. Manfaat
Penelitian………………………………………………......... 4
BAB II KAJIAN
PUSTAKA,KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS...... 6
A. Kajian Pustaka .................................................................................... 6
1.
Konsep sifat dan Perubahan wujud benda ..................................... 6
A.
Sifat Benda Padat, Cair dan Gas............................................... 6
1.
Benda Padat........................................................................ 6
2.
Benda Cair........................................................................... 7
3.
Benda Gas........................................................................... 8
B.
Perubahan Wujud Benda........................................................... 9
1. Membeku dan Mencair.......................................................... 9
2. Menguap dan
Mengembun.................................................... 9
3. Menyumblim.......................................................................... 9
2. Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD............................................ 10
3.
Mata Pelajaran IPA........................................................................ 16
B. Kerangka Pikir................................................................................... 17
C. Hipotesis .......................................................................................... 20
BAB III METODE
PENELITIAN .................................................................... 21
A.
Jenis Penelitian .................................................................................. 21
B. Lokasi
dan Subjek Penelitian............................................................. 21
C. Prosedur
Penelitian ........................................................................... 21
1.
Gambaran Siklus Pertama............................................................ 23
2.
Gambaran Siklus Kedua............................................................... 25
D. Teknik
Pengumpulan Data ................................................................ 26
1.
Sumber Data................................................................................. 26
2.
Jenis Data..................................................................................... 26
3.
Cara Pengambilan Data................................................................ 26
4.
Refleksi........................................................................................ 26
E. Teknik Analisis Data
......................................................................... 27
F. Indikator Keberhasilan ...................................................................... 28
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................ 29
A. Hasil
Belajar ( Kualitatif ).................................................................. 29
1. Hasil Tes Akhir Siklus I................................................................. 29
2. Hasil Tes Akhir Siklus II................................................................ 32
B. Aktivitas Murid................................................................................. 40
C. Pembahasan Hasil
Penelitian.............................................................. 43
BAB V PENUTUP ............................................................................................ 45
A. Kesimpulan ...................................................................................... 45
B. Saran ................................................................................................. 46
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................... 47
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1. Berbagai benda dalam bentuk dan ukuran yang
sama...................... 6
Gambar 2. Berbagai benda-benda cair................................................................ 7
Gambar 3. Benda-benda berisi gas...................................................................... 8
Gambar 4. Kerangka Berpikir...........................................................................
19
Gambar 5. Alur Penelitian................................................................................
22
DAFTAR
TABEL
Tabel 3.1 Kegiatan
Hasil Belajar.....................................................................
28
Tabel 4.1
Statistik hasil belajar murid kelas IV SD Inpres Borong Jambu II.. 29
Tabel 4.2
Distribusi dan persentase skor hasil belajar IPA murid
kelas IV SD Inpres
Borong Jambu II Pada Siklus I.......................
30
Tabel 4.3
Deskripsi Ketuntasan Belajar Murid Kelas IV Siklus I................... 32
Tabel 4.4 Hasil
Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II
Makassar Pada
Siklus I...................................................................
33
Tabel 4.5
Distribusi dan persentase skor hasil belajar IPA murid
kelas IV SD Inpres
Borong Jambu II Pada Siklus II......................
34
Tabel 4.6 Deskripsi
ketuntasan belajar murid kelas IV
SD Inpres Borong
Jambu II Makassar pada siklus II.....................
35
bongak kali skripsimu
BalasHapus